SEJARAH EL BUKHARI INSTITUTE

Sejarah Berdiri

El-Bukhari Institute (disingkat eBI) adalah lembaga non pemerintah dalam bentuk badan hukum yayasan yang berusaha mengenalkan hadis ke publik serta mengampanyekan Islam moderat melalui hadis-hadis Nabi saw. Berdirinya lembaga ini dilatar belakangi oleh kondisi kajian hadis yang sangat lemah. Di tengah lemahnya kajian tersebut diperparah dengan sedikitnya lembaga yang mengkhususkan diri untuk mengkaji hadis. Padahal kebutuhan masyarakat akan kajian hadis perlu untuk dipenuhi, sebab sebagian besar aktifitas keagamaan masyarakat muslim dijelaskan dalam hadis.

Problem lain adalah banyaknya berkembang hadis-hadis palsu dalam dakwah-dakwah maupun dalam pertemuan ilmiah lainnya. Bisa jadi penyebaran tersebut tanpa disadari oleh yang menyampaikan atau bisa faktor ketidak tahuan si penyampai. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut el-Bukhari Institute didirikan sejak tanggal 30 November 2013.

Untuk itu, eBI selalu aktif melakukan kajian, penelitian, pelatihan, dan publikasi yang terkait dengan hadis. Tujuan utama pendirian lembaga ini ialah supaya masyarakat menyadari akan urgensi hadis dan bagaimana mengamalkannya dalam konteks dunia modern. Lembaga ini dapat dijadikan sebagai wadah para akademisi, peneliti, santri, ataupun siapa saja yang ingin mengkaji hadis dan mempublikasikan karya-karya.

Saat ini, el-Bukhari Institute telah memiliki 4 lini portal media keislaman, yaitu bincangsyariah.com (fokus kepada tema-tema keislaman yang dibahas secara ringan namun tetap mendalam); bincangmuslimah.com (tema keislaman terkait dengan perempuan); hadispedia.id (khusus untuk seluk beluk kajian hadis dan platform kursus online kajian hadis); dan tafsiralquran.id (untuk tema-tema kajian Al-Quran, bekerjasama dengan CRIS Foundation). Selain portal media keislaman, el-Bukhari Institute juga aktif menerbitkan buku lewat lini el-Bukhari Publishing dan melakukan rangkaian kursus tentang ilmu hadis – dengan brand “Sekolah Hadis” dan materi-materi keislaman lainnya