BUKU SYARAH MATAN BAIQUNIYAH

Penulis: Abdul Karim Munthe

Rp 55.000

Jumlah Halaman: 78 halaman.

Sebelum memahami apa makna yang terkandung di dalam hadis. kita perlu memahami apa yang disebut sebagai istilah-istilah dalam hadis, atau disebut ‘ilm musthalah al-hadits. Isi ilmu ini adalah seluruh penamaan yang terkait dengan kondisi hadis, baik dari aspek sanad (jalur riwayat) sampai apek matan (konten hadis). Disinilah kita tahu istilah shahih, dha’if, mutawatir, dan istilah lainnya. Setelah tahu ilmu Istilah, kita perlu belajar bagaimana memahami sebuah hadis, apakah hadis tersebut bisa diamalkan, apakah hadis tersebut memiliki hadis lain yang menguatkan, apakah hadis tersebut ternuata maknanya bertentangan dengan Quran, dan masih banyak pertanyaan lain terkait dengan pemahaman hadis. Maka, ilmu ini kemudian disebut sebagai kritik :hadiis atau pemahaman hadis. Kedua ilmu itulah yang berupaya dirangkum dalam buku ini

Di pesantren-pesantren Indonesia, Kitab Nazham/Manzhumah (syair Arab) Baiquniyyah sangat terkenal sebagai syair pembelajaran yang berisi bahasan-bahasan pokok ilmu hadis. Beberapa ulama telah membuat penjelasannya dalam bentuk syarah (penjelasan) untuk menjelaskan lebih dalam pesan-pesan dari syair tersebut. Kebanyakan syarah ditulis dalam bahasa Arab.
Buku karya saudara Abdul Karim Munthe, akademisi di bidang hukum Islam namun juga menekuni kajian hadis lewat mendirikan el-Bukhari Institute, merespon kebutuhan tersebut.

Buku Lainnya

NON-MUSLIM DALAM SEJARAH ISLAM: DARI UMAYYAH HINGGA TURKI UTSMANI

Penulis: Muallifah Jumlah halaman : viii + 102 halaman. Ukuran...

DAKWAH DIGITAL HUSEIN JA’FAR AL-HADAR

Penulis: Qurrata A’yuni Jumlah halaman : xx + 262 Ukuran :...

AGAR TAK HANYA LAPAR DAN DAHAGA; PANDUAN PUASA RAMADHAN SEHAT DAN BERKAH

Penulis: Iqbal Syauqi al-Ghiffary Rp 55.000 Jumlah Halaman: 98 halaman Buku ini...

BUKU PEMIKIRAN HUKUM ISLAM JASSER AUDA

Penulis: Hengki Ferdiansyah Rp 130.000 Jumlah Halaman: 298 halaman. Buku ini...